Sabtu, 19 April 2014

Panorama Tinoor dan Kuliner Ekstrim di Jalur Manado-Tomohon

Oleh: Yudith Rondonuwu
foto-foto: Charles Chax/ byme

Kota Tomohon dikenal juga dengan sebutan Kota Bunga. Bisa dicapai dengan 25 menit dari Kota Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

Sambil menunggu makanan saya mengabadikan pemandangan indah dari dalam Restoran Panorama, Tinoor, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Indonesia

Jika dari arah bandara Sam Ratulangi Manado, maka jalur ring road adalah pilihan terbaik untuk segera tiba di Kota Tomohon. Jika melalui Winangun maka panorama curam, lembah dan gunung akan menemani sepanjang jalan.

Sedikit ekstrim selayaknya perjalanan ke Puncak Bogor dari Jakarta tapi tak sejauh perjalanan ke Malang dari Surabaya atau dari Kota Makassar ke Malino.

Ada banyak tempat wisata di Kota Tomohon antara lain Bukti Doa Mahawu, Gunung Berapi Mahawu, Wisata/ Agrowisata Rurukan, Danau Linau di Lahendong, Hutan Pinus, Gunung Lokon di Kakaskasen dan masih banyak lagi wisata alam hingga resort dan cottage yang menawarkan berbagai fasilitas seperti kamar yang nyaman, tempat outing hingga kolam renang. 

Kota yang punya banyak julukan yaitu Kota Bunga, Kota Pelajar, Kota Religius, Kota Budaya dan Kota Dingin. Nah, dalam perjalanan ke Kota Tomohon, di daerah Tinoor ada banyak spot untuk melihat wajah Kota Manado secara keseluruhan. Terlihat jelas saat cuaca cerah dan jika malam hari terlihat indah kelap-kelip lampu di atas Kota Tinutuan itu.

Tinoor merupakan kelurahan yang terletak di antara jalur Kota Manado dan Tomohon. Ada hanyak rumah makan terkenal di daerah ini antara lain Heng Mien, RM Panorama dan lainnya. Perlu di ketahui, rumah makan di sini mengandung babi dan merupakan bagian dari WISATA KULINER EXTRIM. Mulai dari menu RW yaitu menggunakan daging anjing, tikus hutan yang digoreng saus pedas atau di masak santan, paniki (kelelawar) yang dimasak santan bumbu woko hingga ular yang dimasak bumbu RW.

Paniki (Kelelawar) santan bumbu woko
Sayapun tak mampu menghabiskan sajian di RM Panorama















Panorama dengan udara dan makanan yang enak. Memang perjalanan Manado-Tomohon akan menjadi perjalanan wisata bagi mereka yang tahu cara menikmati tempat-tempat yang indah di situ.(*)

Menikmati Panorama dari Tinoor
Saya tak pernah lupa untuk berdoa, bersyukur untuk berkat dan perlindungan Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar